Bagaimana Guru Mendukung Siswa Selama Ramadhan?
09.49
By
SMA NEGERI 4 KUNDUR
Bagi sekolah sangat penting untuk
memberi dukungan bagi siswa dalam mengembangkan seluruh aspek nilai
kehidupan, termasuk kehidupan beragama. Ramadhan bisa menjadi bulan yang
‘sulit’ bagi para siswa yang harus melalui hari sekolah normal dengan
berpuasa. Lalu bagaimana guru dapat memberi dukungan kepada siswa dalam
melewati bulan Ramadhan selama masa sekolah? Dikutip dari di pbs.org,
kolumnis pendidikan Rusul Alrubail memberikan tips bagaimana guru dapat
memberikan dukungan kepada siswa selama bulan Ramadhan:
1. Memahami Salah satu pilar penting
dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan nyaman bagi siswa
berpuasa di Ramadhan adalah untuk saling belajar tentang makna Ramadhan
itu sendiri. Banyak guru dan teman sekelas mungkin kurang memahami makna
Ramadhan. Sangat penting untuk memperdalam pemahaman guru dan siswa
tentang makna bulan Ramadhan ini.
2. Memberi Ruang Waktu makan siang
mungkin merupakan salah satu periode tersulit yang harus dijalani siswa
saat berpuasa. Sikap toleransi dapat diajarkan kepada siswa terutama
bagi siswa yang tidak berpuasa untuk saling menghargai mereka yang
berpuasa. Akan sangat membantu bila guru memberikan ruang khusus yang
nyaman bagi siswa yang berpuasa selama istirahat makan siang. Dalam
ruangan tersebut dapat disediakan beberapa buku, majalah, dan hal-hal
lain untuk membuat siswa sibuk. Tentu saja, ini kembali kepada siswa
apakah mereka memilih untuk pergi ke sana atau tidak, tetapi memiliki
tempat seperti ini sebagai pilihan, bahkan untuk siswa yang tidak
berpuasa, akan sangat bermanfaat.
3. Olahraga Adalah hak siswa untuk
menjalankan ibadahnya, sementara kondisi fisik saat berpuasa tentu sulit
bagi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka, misal saat mata
pelajaran olahraga. Mungkin guru dapat memberikan akomodasi siswa untuk
berlatih dalam bentuk yang lain. Misal, menugaskan tugas/proyek yang
berbeda bagi siswa untuk diselesaikan yang tidak mengharuskan mereka
untuk melakukan pekerjaan fisik berat saat mereka sedang berpuasa.
4. Empati Ini terdengar agak mudah.
Tetapi untuk memiliki empati, seseorang butuh untuk benar-benar memahami
situasi dan perasaan orang lain. Ketika merencanakan kegiatan dan acara
sekolah, pikirkan tentang bagaimana hal itu akan berdampak pada siswa
yang berpuasa. Apakah mereka akan merasa ditinggalkan? Bagaimana mereka
harus berbuka puasa?
Jika siswa mendapat dukungan yang tepat
dari guru dan teman sebaya mereka, hal ini dapat mengubah bulan yang
‘menantang’ menjadi yang paling berharga.